Pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan

Pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan
Pembelajaran aktif adalah pembelajaran harus menumbuhkan suasana sedemikian rupa sehingga peserta didik aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan, pembelajaran aktif adalah proses belajar yang menumbuhkan dinamika belajar bagi peserta didik.

Inovatif : maksudnya bahwa pembelajaran merupakan proses pemaknaan atas realitas kehidupan yang dipelajari. Makna itu hanya bisa dicapai jika pembelajaran dapat memfasilitasi kegiatan belajar yang memberi kesempatan kepada peserta didik menemukan sesuatu melalui aktivitas belajar yang dijalaninya.

Kreatif : maksudnya bahwa pembelajaran harus menumbuhkan pemikiran kritis, karena dengan pemikiran seperti itulah kreativitas bisa dikembangkan. Pemikiran kritis adalah pemikiran reflektif dan produktif yang melibatkan evaluasi bukti.

Efektif : maksudnya bahwa efektivitas pembelajaran merujuk pada berdaya dan berhasil guna seluruh komponen pembelajaran yang diorganisir untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran efektif memudahkan peserta didik belajar sesuatu yang bermanfaat.

Menyenangkan : maksud pembelajaran menyenangkan adalah pembelajaran dengan suasana yang dapat dirasakan oleh peserta didik bahwa proses belajar yang dialaminya bukan sebuah derita, melainkan berkah yang harus disyukurinya. Pembelajaran menyenangkan menjadikan peserta didik ikhlas menjalaninya.

Pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan  menyenangkan dibangun dengan mengembangkan pembelajaran kontekstual, dan pembelajaran kooperatif.
Tag : Artikel
0 Komentar untuk "Pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan"

Silahkan tulis komentar dan pesan anda yang penting tidak SARA dan PORNOGRAFI

Back To Top