Metode dan Teknik Pembelajaran Berbasis Andragogi

Metode pembelajaran, menurut Knowles (1977: 133), adalah cara pengorganisasian peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Metode mencakup pembelajaran induvidual, pembelajaran kelompok, dan pembelajaran komunitas. 

Teknik pembelajaran adalah cara membelajarkan yang dipilih sesuai dengan metode pembelajaran yang digunakan. Sedangkan alat bantu (devices) adalah sarana pembelajaran terdirri atas video tape, over head projector, komputer, dsb. Fungsi metode adalah untuk membantu pembelajaran peserta didik melalui formula pembelajaran. 

Kegiatan pembelajaran dapat berupa pembibingan, penyampaian informasi dan pelatihan. Pendidik bukan satu-satunya sumber belajar, sehingga peserta didik dapat pula belajar dari media masa, nara sumber yang berhasil dan pengalaman sendiri dan orang lain.
            
Langkah penggunaan metode pembelajaran dalam andragogi. Langkah pendidik sebagai fasilitator pembelajaran dapat dilakukan sebagai berikut:
  1. Membina keakraban antar peserta didik dan antara peserta didik dengan pendidik.
  2. Mengidentivikasi kebutuhan belajar, sumber-sumber dan hambatan yang mungkin terjadi dalam pembelajaran.
  3. Merumuskan tujuan pembelajaran.
  4. Menyusun program pembelajaran.
  5. Melaksanakan program pembelajaran.
  6. Mengevaluasi proses, hasil dan pengaruh pembelajaran.

Uraian langkah-langkah pembelajaran adalah sebagai berikut:

Tahap pembinaan keakraban.
Tahap ini bertujuan mengkondisinikan peserta didik supaya saling mengenal antara satu dengan yang lainnya sehingga tumbuh suasana akrab antar peserta didik dan antara peserta didik dengan pendidik.
(Teknik-teknik pembelajaran yang dapat digunakan antara lain adalah: Diad, Triad, Kartu sejoli, Pengajuan harapan, pembentukan tim atau Pecahan bujur sangkar (Broken Square).

Tahap identifikasi kebutuhan, sumber-sumber dan kemungkinan hambatan.
Tahap ini bertujuan memotivasi peserta didik sehingga kegiatan pembelajaran dirasakan menjadi milik mereka bersama. Identifikasi kebutuhan dilakukan dengan menghimpun informasi melalui pernyataan yang disampaikan peserta didik tentang pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang ingin mereka peroleh dalam pembelajaran. (Teknik-teknik pembelajaran yang dapat dilakukan dalam tahap ini adalah: sadap pendapat, diskusi kelompok, nominal group process, lembar isian kebutuhan,kartu SKBM (Sumber dan Kebutuhan Belajar Masyarakat), wawancara, dsb.)

Tahap perumusan tujuan pembelajaran
Tahap ini bertujuan untuk membantu peserta didik untuk menyusun dan menetapkan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan hasil-hasil diagnosis kebutuhan belajar, sumber-sumber dan kemungkinan hambatan dalam pembelajaran. (Teknik-teknik yang digunakan antara lain adalah: diskusi kelompok, nominal group process, delphi, sadap pendapat, analisis tugas, atau pilihan quota (Q-sort).

Tahap penyusunan program pembelajaran
Tahap ini bertujuan melibatkan peserta didik dalam menyatakan, memilih, menyusun dan menetapkan program pembelajaran yang akan mereka lakukan. Program pembelajaran ini mencakup materi yang akan dipelajari, metode-teknik-media pembelajaran, tenaga kependidikan, fasilitas dan alat, waktu pembelajaran, serta daya dukung lainnya. (Teknik-teknik pembelajaran yang dapat digunakan dalam tahap ini antara lain: model tingkah laku, diskusi kelompok, analisis tugas dan simulasi.)

Tahap pelaksanaan progran pembelajaran
Tahap ini bertujuan melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran sesuai dengan program pembelajaran yang telah mereka sepakati. Dalam pelaksanan pembelajaran, peserta didik bertugas untuk melakukan kegiatan belajar, sedangkan tugas pendidik adalah membelajarkan atau membantu peserta didik melakukan kegiatan belajar.
(Teknik-teknik pembelajaran yang dapat dilakukan dalam tahapan ini antara lain: Jawaban terinci, cawan ikan, diskusi, analisis masalah kritis, situasi hipotensis, study kasus, kunjungan studi, bermain peran, atau simulasi.)

Tahap penilaian program pembelajaran
Tahap ini bertujuan melibatkan peserta didik dalam penilaian terhadap proses, hasil, dan pengaruh pembelajaran. Penilaian adalah upaya pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data atau informasi sebagai masukan bagi pengambilan keputusan tentang program pembelajaran. (Teknik-teknik pembelajaran yang dapat digunakan dalam tahap ini antara lain: jawab terperinci, cawan ikan, lempar pendapat, diskusi terfokus, angket, wawancara dan atau observasi.)

Tag : Artikel
0 Komentar untuk "Metode dan Teknik Pembelajaran Berbasis Andragogi"

Silahkan tulis komentar dan pesan anda yang penting tidak SARA dan PORNOGRAFI

Back To Top