Cara Verifikasi dan Validasi NUPTK

Untuk teman-teman guru yang memiliki masalah dengan NUPTK ada kabar gembira yaitu bahwa mulai Juni mendatang Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) sebagai pengelola NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) mulai melakukan proses verifikasi dan validasi NUPTK. Proses ini dilakukan setelah Kemendikbud merilis Situs Layanan Sistem Informasi Terpadu PADAMU NEGERI.

Kita semua tahu bahwa NUPTK adalah kode identitas unik berupa 16 digit angka yang diberikan kepada seluruh Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan (Staf) di seluruh satuan pendidikan (Sekolah) di Indonesia. Karena begitu pentingnya NUPTK bagi guru maka harus dilakukan Verifikasi dan Validasi Ulang dalam rangka meningkatkan penjaminan mutu pendidikan nasional khususnya para pendidik dan tenaga kependidikan.

Sehubungan denga hal tersebut kini telah beredar Pedoman Prosedur Melakukan Verifikasi dan Validasi NUPTK 2013. Proses Verifikasi dan Validasi Ulang NUPTK terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama yaitu Pengambilan dan Penyerahan Formulir (A01/A0/A03/A04). Berikut adalah detail tahap1 Verifikasi dan Validasi  Ulang NUPTK:
  1. Unduh Formulir di Situs PADAMU NEGERI.
  2. Formulir yang diunduh tergantung kondisi NUPTK. Jika NUPTK berada di sekolah induk dan sudah tercatat aktif di sekolah induk, maka yang diunduh secara otomatis adalah Formulir NUPTK-A01. 
  3. Isi data dengan lengkap sesuai petunjuk dilampiri Foto Berwarna 4x6 1 lembar, 1 lembar Foto Copy Akte Kelahiran, 1 lembar Fotocopy Ijazah SD, 1 lembar fotocopy ijazah terakhir, 1 lembar fotocopy SK Pengangkatan Kepegawaian.
  4. Formulir yang sudah diisi diserahkan kepada Admin/Operator Sekolah.Setelah berkas divalidasi Admin/Operator Sekolah, Guru akan mendapatkan Tanda Bukti VerVal Lv.1
Tahap Verifikasi dan Validasi Ulang NUPTK 2013 ini melibatkan PTK (guru dan staf), Admin/Operator Sekolah, dan Admin/Operator Disdik Kabupaten/Kota. Untuk tahap-tahap selanjutnya dapat anda lihat di Lembar Prosedur Verifikasi dan Validasi NUPTK 2013. Lembar ini juga berisi Panduan Aktivasi Akun Sekolah ini bisa Anda download di sini.

Tag : NUPTK
0 Komentar untuk "Cara Verifikasi dan Validasi NUPTK"

Silahkan tulis komentar dan pesan anda yang penting tidak SARA dan PORNOGRAFI

Back To Top